Visi Pelipatgandaan Pekerja Kristus

“…Tuaiaan memang banyak tapi pekerja sedikit…” – Matius 9:37
Setiap kita ditetapkan oleh Tuhan untuk menghasilkan buah dan buah kita tinggal tetap. Yang Dia maksud adalah murid-murid Kristus. Kekristenan ada sampai hari ini dan semakin meluas pengaruhnya karena adanya orang-orang yang berdedikasi bagi Kristus.
Sama halnya kita lahir dan bertumbuh sampai besar dan dewasa karena pertolongan, perawatan, pengayoman orang lain. Kita bertumbuh dari pengorbanan orang lain.

https://i0.wp.com/keystonecommunitychurch.org/wp-content/uploads/2013/09/Discipleship.jpg
Demikian juga dalam perkara rohani, kita bertobat, lahir baru dalam Kristus karena anugerah Tuhan melalui orang lain. Kita menjadi bertumbuh dan semakin dewasa dan mempunyai dedikasi yang penuh bagi Kristus karena anugerah Tuhan lewat “tangan-tangan” manusia yang dengan penuh kasih mendidik, mengajari, mengayomi kita langkah-demi langkah menuju tahap yang dewasa bagi Kristus. Hal ini terjadi tidaklah instan, tapi butuh waktu panjang.
Tuhan Yesus dalam Injil Yohanes pasal 17 berkata “…. Aku telah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Bapa kepadaku…”, padahal pada waktu itu Dia belum disalib, untuk menebus dosa manusia. Apakah pekerjaanNYa itu ? Dalam kalimat-kalimat sebelumnya, Dia sama sekali tidak bicara tentang pekerjaan mujizat di tengah-tengah banyak orang, jadi apakah sebenarnya pekerjaan itu ?
Tetapi Dia berkali-kali berdoa bagi murid-muridNya, Dia berdoa untuk murid-muridNya siap untuk diutus ke dunia, supaya mereka tidak kecil hati,dll.  Dia berdoa supaya mereka satu, Dia berdoa bagi orang-orang yang percaya karena pemberitaan mereka (murid-muridNya).
Jadi apakah sebenarnya pekerjaanNya itu ? PekerjaanNya adalah mendidik murid-muridNya sampai tahap mereka siap untuk ditinggalkan dan diutus untuk meneruskan pemberitaan Injil dan pelipatgandaan pekerja. Wow, Isn’t that awesome ?
Tuhan Yesus fokus untuk membangkitkan pekerja-pekerja bagi ladang tuaian. Dia memang melayani banyak orang dalam sekaligus tetapi Dia lebih fokus untuk murid-muridNya yang Dia persiapkan untuk memanggul Visi Amanat Agung kemudian.
Dan dibutuhkan perhatian, pengayoman yang khusus, doa yang tekun dan hubungan yang akrab untuk melahirkan dan membesarkan pekerja yang berdedikasi bagi Kristus. Bukan hanya membagikan pengetahuan tentang doktin-doktin Kekristenan tetapi juga hidup dalam prakteknya. Itu termasuk teladan, perhatian, doa, uang, dll yah ..itulah hidup kita sendiri.
Banyak orang Kristen sekarang terlalu fokus pada kegiatan, tetapi tidak pada pribadi-pribadi yang sangat berharga tersebut. Bagaimana membawa mereka bertumbuh dan menjadi dewasa dalam Kristus sampai mereka juga mengenal panggilan hidup mereka dalam rencana Allah  dan melahir murid-murid Kristus selanjutnya. Kemudian demikian selanjutnya murid-murid mereka yang menghasilkan murid-murid.
Perintah ini bukan untuk pendeta, hamba Tuhan full timer, atau majelis gereja tetapi untuk setiap kita yang telah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Tidak masalah apakah pekerjaanmu saat ini, ini adalah perintah yang tidak bisa ditawar-tawar, ini adalah Amanat Agung dari Tuhan Yesus bagi setiap kita.
Mulailah dengan satu-dua orang disekitarmu, berdoa syafaat bagi mereka, bangunlah hubungan yang baik kemudian beritakanlah Injil dan ajarilah hal-hal dasar dalam pertumbuhan rohani, doa, saat teduh, dan selanjutnya. Bawa mereka sampai dewasa dan kembali menghasilkan murid-murid lagi.
Apakah engkau sedang mengerjakan visi pelipatgandaan pekerja saat ini ?
http://ahessblog.files.wordpress.com/2012/03/discipleship-copy.jpg
Apakah engkau hanya fokus kepada diri sendiri, dan kegiatan demi kegiatan tanpa kerinduan yang kuat untuk fokus berbuah menghasilkan murid-murid yang akan menjadi pekerja untuk tuaian yang banyak disekitar kita ini ?
Biarlah hidup kita menghasilkan buah, yaitu pekerja-pekerja Kristus yang berdedikasi.

Leave a comment